9/12/2018

Apa sih Kode Etik itu..?

Kode etik adalah sistem Norma, Nilai dan Aturan Profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Pada dasarnya kode etik memiliki fungsi ganda yaitu sebagai perlindungan dan pengembangan bagi profesi. dan Fungsi seperti itu sama seperti apa yang dikemukakan oleh: 

a). Gibson dan Michel (1945 : 449) yang lebih mementingkan pada kode etik sebagai pedoman pelaksanaan tugas prosefional dan pedoman bagi masyarakat sebagai seorang professional.

b) Biggs dan Blocher ( 1986 : 10).

Mengemukakan tiga fungsi kode etik yaitu :

1) Melindungi suatu profesi dari campur tangan pemerintah.

2) Mencegah terjadinya pertentangan internal dalam suatu profesi.

3) Melindungi para praktisi dari kesalahan praktik suatu profesi.


c) Oteng Sutisna (1986 : 364) bahwa pentingnya kode etik guru dengan teman kerjanya difungsikan sebagai penghubung serta saling mendukung dalam bidang mensukseskan misi dalam mendidik peserta didik.


d) Sutan Zahri dan Syahmiar Syahrun (1992) mengemukakan empat fungsi kode etik guru bagi guru itu sendiri, antara lain :

1) Agar guru terhindar dari penyimpangan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

2) Untuk mengatur hubungan guru dengan murid, teman sekerja, masyarakat dan pemerintah.

3) Sebagai pegangan dan pedoman tingkah laku guru agar lebih bertanggung jawab pada profesinya.

4) Pemberi arah dan petunjuk yang benar kepada mereka yang menggunakan profesinya dalam melaksanakan tugas.

Ketaatan guru pada Kode Etik akan mendorong mereka berperilaku sesuai dengan  norma- norma yang dibolehkan dan menghindari norma-norma yang dilarang oleh etika profesi yang ditetapkan oleh organisasi atau asosiasi profesinya selama menjalankan tugas-tugas profesional dan kehidupan sebagai warga negara dan anggota masyarakat. Dengan demikian, aktualisasi diri guru dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran secara profesional, bermartabat, dan beretika akan terwujud.

Secara umum fungsi kode etik profesi dibuat dalam suatu profesi itu antara lain sebagai berikut :

a) Untuk melindungi pekerjaan sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

b) Untuk mengontrol terjadinya ketidakpuasan dan persengketaan dari para pelaksana, sehingga dapat menjaga dan meningkatkan stabilitas internal dan eksternal pekerjaan.

c) Melindungi para praktisi di masyarakat, terutama dalam hal adanya kasus- kasus penyimpangan tindakan.

d) Melindungi anggota masyarakat dari praktek-praktek yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku.

e) Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan anggotanya.

f) Untuk meningkatkan mutu dan pengabdian anggota profesi.


Setelah anda memahami postingan dari 2 sumber situs yang saya copy ini, saya akan mengulas sedikit tentang Kode Etik untuk Guru/Instruktur pada sebuah Lembaga Pelatihan Kerja yang saya terapkan.

Pengertiannya sama yaitu sama-sama melatih dan mendidik dan yang membedakan hanya object nya saja. dengan demikian apabila anda membutuhkan Kode Etik untuk Instruktur silahkan DOWNLOAD di akhir postingan ini, jika kurang lengkap silahkan untuk mengeditnya atau ditambahkan apabila masih ada yang kurang, karena yang membuat Kode Etik adalah perusahaan atau lembaganya masing-masing.Demikian semoga bermanfaat.

Sumber
https://funavie.blogspot.com/2011/05/pengertian-kode-etik-guru.html
https://idhaeinsteinnizda.blogspot.com/2016/03/pengertian-maksud-serta-tujuan-kode-etik-profesi-guru.html

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf kepada pengunjung Blog yang belum dibalas komentarnya ya...dan mohon Masukan Kepada pengunjung yang baik hati dan merasa terbantu dengan postingan-postingan dari blog ini, Apakah Perlu atau tidak ya membuat Videonya untuk di UPLOAD Ke Youtube...?. Silahkan tulis komentar, saran dan Kritiknya walaupun hanya 1 kata yang membangun.
Silahkan Tulis pada Kotak di bawah ( Enter Your Comment...,) dan Klik PUBLISH ...UFpps..jangan lupa juga Lihat sebentar CHANEL YUTUBE saya dan KILIk SUBSCRIBENYA YA..terimakasih sudah saling membantu...Semoga Lancar Semuanya.
Terimakasih.

SILAHKAN SHARE KE TEMAN ANDA


Recent Post