7/04/2018

Apa yang dimaksud dengan Akreditasi Atau Akredible

Pada artikel Panduan Akreditasi LPK Lengkap Dengan Contoh ini adalah tentang bagaimana caranya mengajukan permohonan akreditasi lembaga, yayasan, sekolah, dan perusahaan, sehingga akan mendapat pengakuan dari pemerintah.Pada isi artikel ini saya siapkan Contoh dokumen akreditasi Standar 1 - 3 dan mohon maaf apabila tidak nyambung dengan judulnya.karena terlanjur membuat judul dan jika di rubah akan mempengaruhi sistem pencarian.Akreditasi atau akredible adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta. pelaksanaan akreditasi untuk LPK dilakukan oleh Lembaga Akreditasi  LPK atau LA-LPK dibawah naungan kemnaker pusat.

Panduan Akreditasi LPK Lengkap Dengan Contoh

Akreditasi dapat dilakukan secara mandiri dan Grup, sebaiknya anda memilih dengan system Grup karena biayanya murah dan bisa dikerjakan bersama-sama dengan lembaga lain.

Akreditasi itu penting untuk kemajuan suatu lembaga selain ada pengakuan dari pemerintah tersebut, karena dengan adanya Akreditasi maka tatanan dan system managemen lembaga akan terkontrol seperti perusahaan-perusahaan besar, dapat dibayangkan apabila system managemen perusahaan raksasa belum akreditasi  maka akan amburadul dan tidak terkontrol.


Sekali lagi saya menghimbau jangan takut lembaga anda untuk di akreditasi dan janganlah dibuat sulit untuk menyusun akreditasi, pada tutorial kali ini saya akan memandu anda yang belum paham bagaimana caranya menyususn 8 Standar Akreditasi.


Pada Panduan Akreditasi LPK Lengkap Dengan Contoh ini apa saja sih yang harus dipersiapkan..?

Baiklah kita mulai menyusun  8 Standar Akreditasi untuk LPK.

A. Persiapan 

Sebelum anda menyusun 8 Standar Akreditasi dan secara Prosedur yang benar sebagai langkah pertama yang harus dilakukan adalah :
1.Membuat permohonan untuk di Akreditasi dengan mengisi FORMULIR 01 , lalu di kirim ke LA-LPK, formulirnya dapat di Download DISINI . Atau anda mengajukannya melalui Menu Akreditasi pada halaman VIN lembaga anda.


2. Membuat dan menandatangani Surat Pernyataan Managemen, 

Apabila program Akreditasi dengan Sistem Grup silahkan kordinasi dengan Disnaker setempat untuk pengiriman  permohonan Akreditasinya.

Pada point 1 dan 2 di atas silahkan anda isi sesuai petunjuk dan selanjutnya Tim Lembaga Akreditasi akan membuat Visitasi ke lembaga anda untuk verifikasi (Survey).



Langkah selanjutnya saya anggap  tim LA-LPK sudah menverifikasi dan atau menerima Surat Pemohonan Akreditasi  anda (Sudah di Survey). Jadi saya akan langsung menjelaskan berkas-berkas atau formulir apa saja yang harus di lampirkan untuk melengkapi 8 Standar Akreditasi itu.

B.Menyusun 8 Standar Akreditasi LPK

Pada masing-masing halaman STANDAR 1-8 (FORM ASLI dari LA-LPK) terdiri beberapa BUKTI DOKUMEN yang harus di lampirkan, dan masing-masing Bukti Dokumen tersebut ada sub-sub dokumen lagi dan untuk mempermudah anda ceklist dokumen saya akan menambahkan Kode pada Kolom 3 pada masing-masing FORM S1-8 (tulisan :  √ Atau Tidak ada ), dengan menambahkan kode sub dokumen misalnya : 1.1a,1.1b,1.2a,1.2b dst.

Baiklah kita mulai saja.

Standar 1 atau S1 (Tentang : Program Pelatihan)

Pelatihan didasarkan pada kualifikasi nasional atau klaster unit kompetensi yang disahkan berdasarkan pedoman nasional yang ditetapkan oleh KEMNAKER atau berdasarkan standar lain/capaian pelatihan yang dapat diidentifikasi dengan jelas. 
Tujuan:
Program yang ditawarkan oleh lembaga pelatihan kerja didasarkan pada standar industri atau kebutuhan pelatihan lainnya


Pada standar 1 ini anda harus menyiapkan Program Pelatihan yang digunakan sesuai Kejuruan yang akan di akreditasi, misalnya Program Pelatihan merujuk kepada SKKNI, KKNI atau merujuk kepada Program Pelatihan Sendiri atau Program Pelatihan dari Partner Perusahaan yang nantinya akan menampung para lulusan dari lembaga anda.
Contoh : 
Program Pelatihan Kejuruan Menjahit menggunakan: SKKNI Kepmen  No.91/2008.
Atau “Program Pelatihan PT. Honda, Nomor: bla..bla…bla…”
Perlu diperhatikan : 1 SKKNI untuk 1 Kejuruan , jadi apabila anda mengajukan 2 kejuruan berarti anda harus membuat 2 Permohonan Akreditasi dan 2 SKKNI sesuai kejuruannya.

Dokumen yang harus di siapkan dan dilampirkan  sbb:

1.1a : Print dan Copy SKKNI/Program Pelatihan yang digunakan dan pada kolom bukti dokumen  1.1a Tulis/ketik : SKKNI Kepmen No:……../tahun…..
Belum punya SKKNI..?, silahkan DOWNLOAD DISINI kalau tidak ada silahkan di cari pada LINK REFERENSI UNTUK ANDA pada Sidebar halaman ini (Sebelah kanan), lalu  Klik KBLI 

1.1b : Lampirkan  Kontrak Kerja atau MOU dengan Mitra Bisnis anda, atau Lampirkan Job Kerjasama atau Surat Permintaan Tenaga Kerja lulusan lembaga anda dari Perusahaan dan ini sifatnya Wajib.
Jika belum punya anda bisa membuatnya dengan menghubungi/mencari calon Mitra Bisnis di sekitar lokasi lembaga anda.
Misalnya : Kejuruan Menjahit bisa kerjasama dengan Konveksi Pakaian di sekitar lembaga/kota anda, atau denganPerusahaan garmen.
Kejuruan Otomotif TSM(Teknik Sepeda Motor) bisa kerjasama dengan Bengkel AHASS di wilayah anda.
Pada kolom bukti dokumen 1.1b Tulis : MOU dengan AHASS Ponorogo (ini Contoh saja)
.
1.2a :Lampirkan Program Pelatihan lain jika tidak menggunakan KKNI (lihat penjelasan 1.1 diatas), jadi anda harus melampirkan Program Pelatihan sesuai dari Permintaan Perusahaan tersebut.
Tetapi apabila bukti 1.1.a sudah di isi untuk 1.2a ini tiak usah di isi lagi (Kosongkan saja) atau beri tanda – (strip)

Keterangan : apabila pada Bukti-bukti dokumen yang diminta sudah lengkap, maka pada kolom “ Bukti Tambahan” tidak usah di isi  (kosongkan saja)


DOWNLOAD semua Dokumen STANDAR 1 DISINI

Standar 2 atau S2  ( Tentang : Kurikulum Pelatihan)

Lembaga pelatihan kerja  menggunakan kurikulum yang terstruktur dan tertulis berdasarkan capaian atau SKKNI 
Tujuan: 
Kurikulum yang bermutu tinggi dan mengidentifikasi apa yang dapat dilakukan oleh pembelajar sebagai hasil dari pelajaran yang mereka tempuh.

Pada Standar 2 ini adalah lampiran Kurikulum Pelatihan sesuai SKKNI yang digunaan dan yang telah dipilih Unit-unit Kompetensi apa saja yang akan di ajarkan kepada siswa, jadi tidak harus semuanya, hanya untuk Unit Kompetensi yang berhubungan dengan K3 sifatnya WAJIB harus ada juga susunan penempatannya sesuaikan dengan standar table yang ada,.


Dokumen yang harus di siapkan dan dilampirkan  sbb:

2.1a : Buatkan BAGAN Alir Tujuan SKKNI atau  tahapan pembelajaran yang akan dilaksanakan sehingga menghasilkan tenaga yang kompeten. 
Pada kolom  bukti dokumen 2.1a Tulis : Bagan Alir Tujuan SKKNI (Terlampir)

2.1b : Buatkan Skema Pelatihan, yaitu Unit-unit Kompetensi yang sudah di pilih sesuai SKKNI yang digunakan.
Pada bukti 2.1b Tulis : Skema Pelatihan (Terlampir)

2.1c : Buatkan dan lampirkan “Rekapitulasi Capaian Pembelajaran”, yaitu berapa jam lamanya pelatihan sesuai Kurikulum yang digunakan, sehingga menghasilkan tenaga yang kompeten yang sesuai dengan permintaan pasar kerja.
Usahakan mengikuti jam pelatihan sesuai kurikulum yang ada di SKKNI.
Pada kolom bukti dokumen 2.1c Tulis : Rekapitulasi Capaian Pembelajaran (Terlampir)

2.1d. Print/copy  Silabus yang sudah di edit jam Pelatihannya dari semua unit-unit kompetensi yang di pilih.(lihat bukti 2.1b). dan lampirkan
Pada kolom 2.1d Tulis : Metode Pelatihan Tertuang dalam Silabus 

Anda belum punya Silabus kejuruan silahkan menuju STANKOM dan silahkan cari Silabus sesuai kejuruan anda.

2.1e : Lampirkan Job Desk Lowongan Kerja untuk para lulusan, 

Perhatian : untuk Bukti Tambahan pada S2 ini tidak usah di isi apabila dokumen yang di butuhkan dari 2.1a-2.1e sudah lengkap.

2.2a : Tuliskan/ketik Jumlah Jam Pelatihan  sesuai dengan Kurikulum yang digunakan.
Misalnya untuk kejuruan Menjahit Tulis angkanya saja : 360 JP @45 Menit, dan jumlah jam pelatihan masing-masing kejuruan tentunya berbeda.
Untuk melihat Jam Pelatihan  lihat Bukti Dokumen 2.1c.

2.2b : Buatkan  Surat Keterangan Efektifitas Pelatihan atau Perbandingan antara jumlah Murid dan Guru dalam 1 kelas, dan sebagai standar yang digunakan saat ini adalah : 1:16 ( 1 Guru dan 16 Siswa/kelas).
Pada kolom bukti dokumen 2.2b Tulis : Perbandingan Pelatihan 1:16 (Surat Keterangan terlampir).

2.2c : Lampirkan ( Copy) surat Ijin dari Depnaker .
Pada kolom bukti dokumen 2.2c Tulis : Keterangan Kapasitas pelatihan terlampir.

2.3a : Buatkan Formulir Tinjau ulang (Kuisioner) yaitu formulir yang di bagikan kepada siswa untuk menilai mutu pelajaran, sehingga apakah kurikulum yang dilatihkan masih sesuai atau harus diganti/dirubah.
Pada kolom bukti dokumen 2.3a Tulis : Formulir Tinjau Ulang terlampir

2.3b : Buatkan surat keterangan Tinjau Ulang, yaitu setelah Formulir Tinjau ulang di bagikan dan di isi oleh siswa dan misalnya hasilnya masih Relevan, maka buatkan surat keterangannya.

2.4a : Lampirkan kembali Copy MOU yang ada pada Bukti Dokumen 1.1b
Pada kolom bukti dokumen 2.4a Tulis : MOU terlampir
2.4b : Buat dan lampirkan Surat Perjanjian Kerja dengan Mitra ( Notulen hasil rapat antara Mitra Kerja dengan Lembaga anda,)
Pada kolom bukti dokumen 2.4b Tulis : Notulen Perjanjian dengan Mitra terlampir


DOWNLOAD semua Dokumen STANDAR 2 DISINI

Standar 3 Atau S3 (Tentang : Materi dan Proses Pelatihan).

Lembaga pelatihan kerja menggunakan bahan pelatihan dan proses pelatihan yang sesuai dengan bidang cakupannya   
Tujuan:
Bahan  pelatihan memenuhi capaian kurikulum  atau SKKNI dan kebutuhan pembelajar

Dokumen yang harus di siapkan dan dilampirkan  sbb:

3.1a : Buatkan Buku Informasi, Buku Kerja, dan Buku Penilaian, usahakan masing-masing buku tersebut ada Cover nya atau dibuat seperti buku dengan ukuran ½ folio (harus di edit).
Untuk mendapatkan buku-buku tersebut ada pada MODULdi masing-masing kejuruan.
Pada kolom bukti dokumen 3.1a Tulis : Buku Informasi, Buku Kerja, Buku Penilaian (terlampir).

3.1b : Buatkan Leson Plan atau RPP semua Unit Kompetensi yang di tempuh.
Pada kolom bukti dokumen 3.1b Tulis : Leson Plan (terlampir)

Bukti tambahan tidak usah di isi

3.2a : Buatkan bank soal dan jawabanya, anda dapat Copas bank soal standar bawaan dari masing-masing Modul dan tambah sesuai kejuruan masing-masing yang belum ada pada bank soal bawaan modul.
Pada kolom bukti dokumen 3.2a Tulis : Bank Soal dan Jawabannya (terlampir) 

3.2b : Buatkan Notulen hasil rapat untuk Evaluasi Bank Soal bahwa antara Soal dan Jawabanya sesuai/ relevan dan bisa diterapkan.
Pada kolom bukti 3.2b Tulis : Surat Keterangan Evaluasi Bank Soal (terlampir)

Bukti tambahan di kosongkan saja.


DOWNLOAD semua Contoh Dokumen STANDAR 3 DISINI


Demikian Panduan Akreditasi LPK Lengkap Dengan Contoh pada Bagian 1 yaitu Standar 1 - 3.

Artikel ini berguna bagi anda silahkan share ke teman-teman anda.
Terimakasih semoga bermanfaat.


6 comments:

  1. Mohon maaf kepada semuanya yang sudah terbantu dengan postingan saya, slrg br naik lagi setelah beberapa bulan off, utk selanjutnya kira-kira postingan apa lagi yang di butuhkan silahkan kirim masukan, terimakasih

    ReplyDelete
  2. selamat siang pak , saya mau tanya untuk Buku Informasi, Buku Kerja, dan buku nilai untuk unit kompetensinya perlu kita masukan semua atau cukup beberapa saja?

    ReplyDelete
  3. Maaf bu baru update tapi mudah2n sudah slesai akreditasinya saya...yang ibu tanayakan cukup cover dan beberapa isi, hanaya sebagai contoh saja, tapi harus disiapkan yang utuhnya..biasanya di tanyakan...semoga bembantu

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum saya dari banyuwangi..lpk hsc college ( rencana mau akreditasi ) tetapi masih bingung ..karena terlalu detail...bisakah saya minta no wa bpk..atau bisa ke wa saya...081234012445 terima kasih

    ReplyDelete
  5. selamat siang pak,,untuk setandar 1/8 lpk magang jepang sangat sulit sekali mendapatkan isi dari semua standar itu apa boleh berbagi pak?

    ReplyDelete
  6. Mohon bantuannya pak untuk standar 4 boleh saya minta file nya trimakasih

    ReplyDelete

Mohon maaf kepada pengunjung Blog yang belum dibalas komentarnya ya...dan mohon Masukan Kepada pengunjung yang baik hati dan merasa terbantu dengan postingan-postingan dari blog ini, Apakah Perlu atau tidak ya membuat Videonya untuk di UPLOAD Ke Youtube...?. Silahkan tulis komentar, saran dan Kritiknya walaupun hanya 1 kata yang membangun.
Silahkan Tulis pada Kotak di bawah ( Enter Your Comment...,) dan Klik PUBLISH ...UFpps..jangan lupa juga Lihat sebentar CHANEL YUTUBE saya dan KILIk SUBSCRIBENYA YA..terimakasih sudah saling membantu...Semoga Lancar Semuanya.
Terimakasih.

SILAHKAN SHARE KE TEMAN ANDA


Recent Post