9/12/2018

Salam Kompeten....!.

Pada artikel ini saya akan memberi gambaran atau ulasan tentang Standar 6 Akreditasi LPK dengan judul  DOWNLOAD Standar 6 Dokumen Akreditasi LPK dan bagi anda yang belum mendapatkan Standar 1 sampai 5 silahkan buka DISINI dan DISINI

DOWNLOAD Standar 6 Dokumen Akreditasi LPK, lemsarnet dan Depnaker

Pada Standar 6 Akreditasi ini  tentang Prasarana dan Sarana yaitu bahwa Lembaga pelatihan kerja memiliki akses pada perlengkapan dan  fasilitas guna menunjang lingkup operasinya. 
Tujuan:Para siswa memiliki kesempatan untuk menggunakan fasilitas dan perlengkapan yang akan mereka gunakan di tempat kerja dan fasilitas manajemen memungkinkan bagi Lembaga pelatihan kerja untuk melaksanakan kewajiban administratif dan dukungan pelatihannya.
Pemahaman tambahan dari saya adalah bahwa  lembaga mempunyai Sarana dan Prasarana yang memadai dan sesuai dengan sarana yang akan digunakan siswa ditempat kerjanya setelah lulus, sehingga mereka tidak kaku lagi karena sudah terbiasa melakukannya ditempat pelatihan.
Selain itu sarana dan prasarana tersebut harus di buktikan kepemilikannya dalam bentuk Surat /dokumen kepemilikan atau kontrak dengan pihak lain.

Dokumen yang harus di siapkan dan dilampirkan  sbb:

6.1a : Untuk bukti ini ada 3 dokumen yang harus di lampirkan yaitu:
6.1a.1 :  Lampirkan Daftar Inventaris Ruangan (Prasarana) ada pada Proposal Pengajuan ijin pelatihan ke depnaker.

6.1a.2 : Lampirkan Layout atau Denah ruangan (masing-masing ruangan diberi nomor urut)

6.1a.3 : Lampirkan Photo Ruangan sesuai denah ruangan dan Pada kolom bukti dokumen Tulis : Daftar inventaris,Layout dan photo ruangan terlampir.

6.1b : Lampirkan photo Kamar Kecil Wanita dan Pria juga Tempat cuci tangan (Lihat Gambar) dan pada kolom bukti documen Tulis : Tersedia.

6.1c : Lampirkan Photo ruangan Mushola, dan pada kolom bukti dokumen Tulis : Tersedia


6.1d : Untuk bukti dokumen ini ada 2 yaitu :

6.1d.1 Buat dan lampirkan surat keterangan bahwa Fasilitas (misalnya :  Meja, Kursi, Mesin jahit, komputer, dll) adalah  Milik sendiri. Dan Pada kolom bukti dokumen Tulis : Surat Keterangan Fasilitas terlampir.

6.1d2 : Lampirkan Surat Pernjanjian Kontrak Bangunan atau milik sendiri, dan Pada kolom bukti dokumen Tulis : Surat Perjanjian Kontrak Bangunan atau milik sendiri terlampir.

6.1e.1 : Lampirkan Photo Kotak P3K, Isi kotak(obat-obatan) beserta Kartu Obatnya yang di tempel pada kotak obat dan Pada kolom bukti dokumen Tulis : Tersedia.

6.1e.2 Lampirkan Photo Ruangan Kesehatan dan Pada kolom bukti dokumen Tulis : Tersedia.

6.1f : Lampirkan Photo salah satu alat utama yang digunakan oleh mitra kerja,dan alat tersebut harus ada dan sama dengan yang dimiliki lembaga.
Misalnya : 
Kejuruan menjahit melampirkan photo Mesin jahit yang digunakan Konvekasi A sebagai Mitra Kerja pada MOU, maka mesin jahit tersebut harus sama type dan merknya dengan yang ada di lembaga. Dan Pada kolom bukti dokumen tulis : Tersedia

6.1g : Lampirkan Kartu Pemeliharaan Berkala yang masih kosong, kartu ini untuk Kontrol/cek semua fasilitas/peralatan apakah masih baik, rusak atau harus diganti.
Kartu  harus digantung dan dekat dengan masing-masing peralatan atau di Folder.
Pada kolom bukti dokumen Tulis : Kartu Pemeliharaan Berkala Terlampir.

6.1h : Lampirkan 2 atau 3 lembar (di Fotocpy) halaman Buku Pemeriksaan Berkala untuk peralatan yaitu Buku rekap dari Kartu Pemeliharaan Berkala, dan Pada kolom bukti dokumen Tulis : Buku Pemeriksaan terlampir.

6.1i : Lampirkan Tabel Pemeriksaan dari masing-masing peralatan, yaitu buat Tabel dan tentukan setiap tanggal berapa alat-alat tersebut akan di periksa secara rutin, table di buat untuk 1 tahun., dan Pada kolom bukti dokumen Tulis : Tabel Pemeriksaan terlampir

Keterangan : 
Untuk Kolom Bukti Tambahan kosongkan saja jika dokumennya sudah lengkap.


Demikian gambaran dan ulasan tentang DOWNLOAD Standar 6 Dokumen Akreditasi LPK, mohon maaf  jika kurang lengkap dan kepada teman-teman LPK  yang sudah akreditasi, mohon dikoreksi Postingan ini jangan sampai saya salah memberikan bahasan,juga dapat kiranya berbagi ilmu kepada teman-teman seprofesi yang akan akreditasi. silahkan beri komentar pada kolom komentar atau pada Grup Forum Hillsi Ponorogo.

Selanjutnya Silahkan DOWNLOAD DISINI semua Contoh Dokumen Akreditasi STANDAR 6 

Terimakasih Semoga dapat membantu.

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf kepada pengunjung Blog yang belum dibalas komentarnya ya...dan mohon Masukan Kepada pengunjung yang baik hati dan merasa terbantu dengan postingan-postingan dari blog ini, Apakah Perlu atau tidak ya membuat Videonya untuk di UPLOAD Ke Youtube...?. Silahkan tulis komentar, saran dan Kritiknya walaupun hanya 1 kata yang membangun.
Silahkan Tulis pada Kotak di bawah ( Enter Your Comment...,) dan Klik PUBLISH ...UFpps..jangan lupa juga Lihat sebentar CHANEL YUTUBE saya dan KILIk SUBSCRIBENYA YA..terimakasih sudah saling membantu...Semoga Lancar Semuanya.
Terimakasih.

SILAHKAN SHARE KE TEMAN ANDA


Recent Post